Home > TESTIMONIALS > Hasfarm Dian Purba (salah satu lulusan tercepat PWK-UB angkatan 2010)

Hasfarm Dian Purba (salah satu lulusan tercepat PWK-UB angkatan 2010)

DATA DIRI

Nama : Hasfarm Dian Purba
NIM : 105060600111035
Kota asal : Medan
Judul skripsi : Skenario Pengembangan Bank Sampah Di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang
Lulus tahun : 2014

HASFARM

PENGALAMAN

Kegiatan Proyek Profesional (selain KKN-P)
1. Penyusunan Prosedur Operasi Standar Kerjasama Penyelenggaraan Penataan Ruang Antar Daerah Indonesia (Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia) (tahun 2012)
2. Penyusunan Database Perumahan Formal Kota Malang (tahun 2013)
Beasiswa
1.PPA DIKTI TA 2012/2013 & 2013/2014
2.Beasiswa Tugas Akhir Anugerah Sobat Bumi 2013 Pertamina Foundation
Publikasi Ilmiah
Waste Management Scenario through Community Based Waste Bank: A Case Study of Kepanjen District, Malang Regency, Indonesia. Paper ini telah dipresentasikan dalam International Conference di Hongkong, China.
Kompetisi
1.Festival Teater Universitas Brawijaya/peringkat I (Beregu) (2011)
2.Lomba Karya Tulis Ilmiah “Sejarah dan Preservasi Kota” Tingkat Universitas Brawijaya/ peringkat I (2012)
3.Video Competition WWF Indonesia 2013 “Ini Aksiku Mana Aksimu”/peringkat II (Beregu Tingkat Perguruan Tinggi) (2013)
4.Presenter Contest by IAAS/ peringkat II & Most Favorite Presenter (2013)
5.Sayembara Anugerah Sobat Bumi Pertamina Foundation/Penerima Anugerah Tingkat S1 (2013)

TESTIMONI

Motivasi saya untuk mengejar kelulusan dengan peringkat terbaik ialah :
1.Orangtua dan adik
Bagi saya mama dan papa adalah sumber motivasi dalam hidup saya. Saya ingin memberikan kebahagian dan kebanggaan sebagai anak pertama mereka. Orang tua saya selalu mendukung setiap hal yang saya lakukan dan sebisa mungkin saya berusaha untuk tidak mengecewakan setiap dukungan yang mereka berikan.
Apa pun yang kita kerjakan akan berjalan dengan baik apabila disertai dengan doa orang tua. Saya ingin membuat orang tua saya menjadi orang tua yang paling bahagia memiliki anak seperti saya. Saya hanya memiliki satu-satunya adik laki-laki. Dia merupakan motivasi saya untuk melakukan yang terbaik dalam segala hal termasuk perkuliahan. Saya memberikan contoh yang baik bagi adik dan menjadi kebanggaan bagi adik saya. Hal ini saya lakukan agar bisa menjadi dampak positif dan motivasi untuk dirinya sendiri. Saya dan adik saya tidak hanya sebatas saudara namun kita berdua merupakan sahabat dan partner untuk saling mendukung dalam menjalankan hidup.
2.Mimpi
Saya melakukan segala hal yang bisa mendukung studi saya untuk meraih peringkat terbaik. Saya berprinsip bahwa segala hal yang kita lakukan dan berikan harus yang terbaik. Cara saya untuk meraih semua mimpi-mimpi saya ialah dengan berusaha semaksimal mungkin ditambah dengan doa. Bagi saya, setiap orang jika ingin berhasil harus memiliki nilai lebih dalam dirinya. Mimpi-mimpi itu akan menjadi cita-cita saya dimasa depan. Sesuatu yang terbaik dalam hidup kita akan menjadi modal untuk mengambil peluang-peluang dimasa yang akan datang.
3.Sahabat
Sedikit banyak sahabat memberikan banyak hal untuk saya pelajari. Dukungan sahabat saya menjadi motivasi kuat dalam meraih segala hal dalam hidup saya termasuk perkuliahan. Saya ingin membanggakan dan membuat sahabat-sahabat saya tersenyum dengan bahagia. Saya tahu banyak orang diluar sana yang mungkin tidak menyukai kita, namun hanya optimisme dan selalu memberikan yang terbaik dapat mengubah cibiran menjadi penghargaan. Sahabat-sahabat saya mengajarkan untuk selalu melihat kedepan dan melalukan apa yang baik menurut saya.
Saya merasa sangat bersyukur ketika saya diberikan kesempatan untuk menjadi salah satu lulusan dengan peringkat terbaik. Namun bagi saya, hal ini bukan menjadi sesuatu yanf berhenti sampai disini tetapi modal awal untuk melakukan yang lebih baik lagi.

Ada banyak potensi yang dimiliki jurusan PWK UB sehingga membuat saya dapat menempuh pendidikan dengan prestasi terbaik. Namun berikut beberapa hal yang menurut saya potensi utama yaitu :
1.Dosen
Bapak dan Ibu dosen yang ada di PWK UB memiliki integritas dan kredibilitas yang tinggi. Mereka memberikan saya banyak masukan dan motivasi. Mereka bagi saya tidak hanya sekedar pembimbing dan pengajar tetapi juga partner yang saling mendukung satu sama lain.
2.Layanan pendidikan
Semua layanan yang diberikan PWK UB mendukung potensi-potensi yang ada didalam diri saya. Layanan-layanan tersebut meliputi ruang baca, pengajaran, informasi, laboratorium, dan sebagainya. Semua layanan yang ada membuat saya merasa nyaman selama perkuliahan di PWK UB.

Kendala yang saya hadapi selama perkuliahan terutama skripsi dan cara menghadapinya ialah sebagai berikut:
1.Malas
Tidak menutup kemungkinan hal ini juga seringa saya hadapi. Semua mahasiswa memiliki satu masalah mendasar ini. Namun ketika rasa malas muncul dalam diri saya yang saya lakukan hanya dua hal yaitu main bersama sahabat dan melihat kesuksesan orang lain. Kedua hal ini saya membantu saya dalam mengalami rasa malas. Main atau hangout bersama sahabat atau teman terkadang memberikan power baru dalam hidup kita. Namun satu hal yang perlu diingat bahwa kita memiliki porsi termasuk bermain. Selain itu, dengan melihat kesuksesan orang lain sedikit banyak memberikan dampak buat saya untuk kembali bersemangat.
2.Manajemen waktu
Masalah yang kedua sering sekali dihadapi mahasiswa termasuk saya. Sampai semester akhir saya juga merasakan kendala dalam manajemen waktu. Waktu itu sangat berharga ketika kita merasa bahwa ada banyak hal harus dikerjakan. Ketika saya mengalami kesulitan dalam membagi waktu maka yang saya lakukan ialah skala prioritas. Saya berusaha untuk melihat mana hal-hal yang harus dan segera saya kerjakan. Ketika saya mampu memprioritaskan setiap kegiatan atau hal maka saya akan mampu membagi sisa waktu saya untuk hal yang lain.
3.Pengaruh lingkungan luar
Hal yang ketiga ini sangat berdampak sekali kepada perkuliahan mahasiswa. Saya termasuk orang yang penasaran dan ingin menyukai hal-hal baru. Pengaruh dari lingkungan luar ada yang berdampak positif dan ada yang negatif. Saya selalu berusaha untuk mampu menempatkan diri dimanapun saya berada. Saya masuk kedalam suatu lingkungan karena ada hal yang dapat mendukung diri saya. Ketika saya merasa lingkungan itu tidak berdampak apa-apa maka saya bergabung hanya untuk mencari relasi yang mungkin dampaknya akan terasa dimasa yang akan datang.
4.Cepat menyerah
Hal ini juga menjadi kendala bagi mahasiswa khususnya dalam pengerjaan skripsi. Saya juga pernah mengalami kondisi seperti ini. Namun saya dapat memberikan tips untuk menghadapinya, caranya ialah anggaplah bahwa diri kita yang paling mampu dan kita bisa menunjukkan sesuatu yang orang lain tidak lakukan.

KUNCI KESUKSESAN

Kunci sukses mahasiswa S1 yang berprestasi menurut saya ialah
1.Mengucap syukur
2.Berusaha dan berdoa (Ora et Labora)

Untuk apa menjadi biasa dan baik kalau dalam diri kita ada potensi untuk luar biasa dan terbaik (Hasfarm Dian Purba)

Oleh : Hasfarm Dian Purba (2014)

Categories: TESTIMONIALS Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
CAPTCHA Image
*