Home > PEMBIMBINGAN AKADEMIK > TIPS KULIAH YANG SEHAT, NYAMAN DAN BERMANFAAT

TIPS KULIAH YANG SEHAT, NYAMAN DAN BERMANFAAT

Sebagai salah satu tanggung jawab, menuntut ilmu (kuliah) merupakan hal yang harus ditekuni dengan baik. Kontek sehat, nyaman dan bermanfaat memiliki pengertian bahwa kegiatan berkuliah harus dapat berjalan dengan kontinu secara sehat (jasmani dan rohani), enjoy (tidak sebagai rutinitas yang menyebalkan) dan membawa manfaat berupa meningkatnya ilmu. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa dijalankan sesuai dengan pengalaman hidup saya, antara lain :
1. Beribadah. Jangan terlambat untuk beribadah dan lakukan secara teratur, jangan lupa aktivitas harian seperti kuliah juga bagian dari ibadah.
2. Makan dan minum. Makan dan minum harus teratur dan cukup. Jangan malu untuk membawa bekal makanan ke kampus. Membawa bekal makanan ke kampus merupakan wujud bahwa mahasiswa sudah mampu mengambil langkah strategis dalam kehidupan. Minum air putih yang cukup setiap hari.
3. Rekreasi. Baca komik atau nonton film bukan hal yang diharamkan untuk hidup sebagai seorang pelajar/mahasiswa yang serius. Jangan sampai kehilangan selere humor.
4. Istirahat. Maksudnya adalah tidur (bukan relaksasi seperti baca koran atau nongkrong).
5. Tetap memiliki hubungan sosial. Anda semua pasti membutuhkan teman dan keluarga untuk ngobrol.
6. Tugas kuliah. Jangan menumpukkan tugas. Tindakan menumpukkan tugas sama saja dengan membuat bom waktu dan ini sangat tidak sehat.
Keenam tips di atas harus dilatih agar dapat dilaksanakan secara konsisten dan seimbang. Belajarlah dari bangsa-bangsa yang sudah jauh lebih maju (misalnya Jepang). Mereka dapat maju seperti itu karena SIAP UNTUK HIDUP DISIPLIN.
Disiplinkan diri anda, maka masa depan akan dapat diraih dengan baik.
Semoga tips ini bermanfaat dan selamat berlatih.

Categories: PEMBIMBINGAN AKADEMIK Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
CAPTCHA Image
*